• Sel. Sep 27th, 2022

Lirik Lagu Indonesia Pusaka Ciptaan Ismail Marzuki Beserta Makna yang Terkandung di Dalamnya

Berikut adalah lirik lagu "Indonesia Pusaka" yang diciptakan oleh Ismail Marzuki. Ismail Marzuki merupakan satu di antara komponis pencipta lagu nasional yang salah satu karyanya berjudul "Indonesia Pusaka" . Lirik lagu "Indonesia Pusaka" yang digubah oleh Ismail Marzuki berisi tentang refleksi jiwa seorang rakyat tentang kecintaan pada tanah air Indonesia.

Lagu "Indonesia Pusaka" karya Ismail Marzuki ini biasa dinyanyikan saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Berikut adalah lirik lengkap dari lagu "Indonesia Pusaka" ciptaan Ismail Marzuki. (Bait Pertama)

Indonesia tanah air beta Pusaka abadi nan jaya Indonesia sejak dulu kala

Selalu dipuja puja bangsa Reff: Di sana tempat lahir beta

Dibuai dibesarkan bunda Tempat berlindung di hari tua Sampai akhir menutup mata

(Bait kedua) Sungguh indah tanah air beta Tiada bandingnya di dunia

Karya indah Tuhan Maha Kuasa Bagi bangsa yang memujanya Reff:

Indonesia ibu pertiwi Kau kupuja kau kukasihi Tenagaku bahkan pun jiwaku

Kepadamu rela kuberi Berdasarkan lirik tersebut, ditemukan makna keindahan dari setiap bait liriknya. Bait pertama Ismail Marzuki menuturkan bahwa Indonesia merupakan senjata yang selalu hidup sebagai negara kuat di dunia.

Pada bait ini disampaikan bahwa negara Indonesia adalah negeri yang selalu dipuja bangsanya dan akan tetap ada selamanya. Bagian reff pertama, makna Indonesia adalah tempat lahir dan berkembang serta merasakan kasih sayang orang tua dari tanah air sebagai ibu kita. Bait Kedua, Ismail Marzuki menyampaikan Indonesia merupakan negara yang tiada bandingnya di dunia.

Pada bait ini juga disampaikan bahwa Indonesia adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa. Reff kedua pada lagu ini bermakna Indonesia tempat yang selalu dirindukan dan negara penuh kedamaian Dikutip dari laman , mendegarkan lagu Indonesia Pusaka, kita akan terbawa melodi tanya jawab dengan tanda sukat 4/4 dan nada dasar Do=F.

Melodi dan irama Indonesia Pusaka membuat kita akan ikut merasakan semangat cinta tanah air, tanah kelahiran Indonesia. Lagu Indonesia Pusaka menggunakan tangga nada diatonis dengan nada dasar C serta tanda tempo Moderato. Lagu ini diciptakan Ismail Marzuki terinsiprasi dari seseorang yang sangat mencintai tanah air Indoensia.

Ismail Marzuki ingin mengajak kita untuk melestarikan alam Indonesia yang membuat bangga kita yang memilikinya. Semangat cinta tanah air dapat diwujudkan dengan mengamalkan sila kelima pancasila dalam kehidupan sehari hari. Kita sebagai bangsa Indonesia wajib memperjuangkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyak Indonesia.

Ismail Marzuki lahir di kampung Kwitang, Jakarta Pusat, 11 Maret 1914 dan wafat pada 25 Mei 1958. Ia menyandang predikat komponis pejuang legendaris yang telah menciptakan lagu sejak tahun 1930 1950. Lagu berjudul "O Sarinah" menjadi lagu pertamanya, dari 250 lagu yang telah diciptakan oleh Ismail Marzuki .

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.