• Kam. Okt 6th, 2022

Dampak Haid Tidak Teratur

Byadmin

Sep 10, 2022
Dampak Haid Tidak Teratur

Siklus haid yang tidak teratur memang menjadi satu masalah segera ditangani oleh orang sudah ahli dalam bidangnya. Ketika didiamkan terlalu lama, masalah haid tidak teratur ini bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh wanita.

Pada sisi lain, siklus haid yang tidak teratur ini biasanya terjadi secara konsisten dan kurang dari 21 – 36 hari sebelumnya. Selain itu, bagi Anda sering mengalami siklus haid yang berubah-ubah ini juga menjadi gejala ada sesuatu hal kurang beres di dalam tubuh.

Biasanya, untuk perihal haid bisa dikatakan normal di saat terjadi setiap 28 hari sekali. Akan tetapi, untuk setiap wanita mempunyai siklus haid bulanan yang tanggalnya berbeda-beda atau tidak sama.

Bahkan, ada juga beberapa kalangan wanita yang mempunyai siklus haid setiap 23 hari atau setiap 35 hari sekali. Dengan waktu tersebut juga masih tergolong siklus haid yang masih normal.

Jika siklus haid masih tergolong normal, maka Anda bisa bernafas lega. Pada sisi lain, ketika haid tidak tergolong normal Anda harus berhati-hati dan dijadikan sebagai sinyal ada beberapa hal negatif yang ada di dalam tubuh.

Untuk kesempatan kali ini akan dibahas mengenai dampak haid tidak teratur. Sedangkan, bagi Anda yang penasaran dengan mengenai apa saja dampaknya bisa langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Dampak Haid Tidak Teratur


Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk haid tidak teratur ini bisa memberikan dampak buruk pada kemudian hari. Untuk beberapa dampak haid tidak teratur yang harus Anda ketahui adalah :

1. Mempengaruhi Tingkat Kesuburan
Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa saja terjadi, karena proses ovulasi yang tidak teratur. Bahkan, untuk masalah haid tidak teratur ini juga bisa saja terjadi akibat proses ovulasi pada organ reproduksi.

Bagi wanita yang tidak bisa hamil, artinya dirinya tidak mengalami proses ovulasi. Sehingga, untuk proses ovulasi yang tidak teratur ini bisa membuat tingkat kesuburan di dalam tubuh anda menjadi terganggu. Di saat sudah terjadi hal tersebut, maka untuk tingkat kehamilan cenderung lebih kecil.

2. Dapat Menyebabkan Kanker Rahim
Anda perlu mengerti, bahwa siklus menstruasi yang tidak teratur adalah gejala awal dari kanker rahim. Akan tetapi, resiko rahim ini masih bisa dihindari dengan cara mengobati sesegera mungkin kepada dokter.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah gaya hidup yang sebelumnya membuat kondisi tubuh menjadi buruk. Bagi Anda yang suka merokok dan minum-minuman beralkohol, sementara waktu untuk berhenti sejenak.

3. Mengindikasikan Penyakit Rahim
Selain dapat menyebabkan ketidaksuburan dan kanker rahim, siklus dampak haid tidak teratur ini juga mengindikasikan penyakit rahim yang sedang dialami. Untuk beberapa penyakit rahim yang sampai dengan saat ini banyak dialami oleh kalangan wanita adalah polip rahim dan sindrom ovarium polikistik.

Maka dari itu, Anda harus lebih aware lagi dengan siklus menstruasi yang datang setiap satu bulan sekali. Ketika sudah muncul gejala-gejala haid tidak teratur, Anda bisa langsung saja melakukan konsultasi kepada pihak dokter kandungan.

Untuk semua dampak haid tidak teratur yang sudah disebutkan diatas ini memberikan gejala secara berbeda-beda. Akan tetapi, paling menonjol adalah waktu haid sering mengalami mundur jauh di hari yang biasanya.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai 3 dampak haid tidak teratur. Besar harapan dengan adanya informasi diatas bisa membantu Anda yang sedang mengalami permasalahan haid tidak teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.