• Kam. Okt 6th, 2022

9 Lagu lagu Nasional yang Umum Dinyanyikan

Byadmin

Agu 28, 2022

Menyanyikan lagu lagu nasional merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan saat merayakan hari libur nasional. Lagu-lagu nasional seringkali memiliki lirik tentang perjuangan untuk memupuk rasa kebangsaan dalam tubuh ibu. Selain itu, sangat penting untuk mengenalkan anak-anak pada lagu-lagu nasional agar mereka memahami jati diri bangsa Indonesia.

Daftar Lagu Wajib Nasional

9 Lagu lagu Nasional yang Umum Dinyanyikan
1. Indonesia Raya
Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan yang selalu dinyanyikan dalam berbagai kesempatan. Lagu ini diciptakan oleh WR Supratman dan pertama kali dinyanyikan pada Kongres Pemuda atau Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta. Lagu-lagu nasionalis ini menggambarkan semangat dan cita-cita mereka yang berjuang dalam gerakan nasionalis yang ingin dibebaskan dari belenggu penjajah.

2. Mengheningkan Cipta
Lagu wajib nasional berikutnya adalah Mengheningkan Cipta. Biasanya lagu ini dinyanyikan pada saat upacara pengibaran bendera untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya membela negara dari penjajah.

3. Hari Merdeka
Lagu-lagu nasional akan dinyanyikan pada upacara Hari Kemerdekaan. Selaras dengan musiknya, lagu ini menyampaikan semangat mereka yang berjuang untuk kemerdekaan dari penjajah.

4. Bagimu Negeri
Bagimu Negeri adalah salah satu lagu kebangsaan yang wajib dinyanyikan dalam upacara kenegaraan. Lagu ini mengandung dua makna, yaitu nasionalisme dan patriotisme. Mencintai alam, bangga dengan tanah air dan mengutamakan rasa solidaritas dan persatuan. Lagu ini juga menggantikan lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan ketika Indonesia Raya dilarang pada masa pendudukan Jepang.

5. Berkibarlah Benderaku
Lagu-lagu ciptaan Bu Soed juga dinyanyikan pada upacara-upacara kenegaraan. Makna lagu ini adalah untuk menghormati bendera merah putih yang merupakan bendera pusaka sebagai simbol perjuangan dan jiwa bangsa.

6. Tanah Airku
Lirik lagu-lagu nasionalis sesuai dengan makna nasionalisme, seperti Tanah Airku yang diciptakan oleh Ibu Soed. Nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air tergambar jelas dalam liriknya, kemanapun mereka pergi, apapun yang mereka lakukan, mereka selalu ingat tanah airnya yaitu Indonesia.

7. Garuda Pancasila
Anda mungkin tahu lagu Garuda Pancasila, lirik yang juga menggambarkan patriotisme mereka yang berjuang untuk melindungi simbol nasional. Selain itu, salah satu lagu nasional tersebut memiliki lirik yang menggambarkan Garuda sebagai lambang negara Indonesia.

8. Indonesia Pusaka
Indonesia Pusaka adalah sebuah lirik lagu kekaguman terhadap negara Indonesia. Lagu ini juga berbicara tentang Indonesia sebagai tempat kelahirannya selama sisa hidupnya. Dan keindahan alam Indonesia adalah karya Tuhan Yang Maha Esa.

9. Gugur Bunga
Gugur Bunga adalah lagu Indonesia yang memiliki rasa nasionalisme yang dalam dan rasa hormat terhadap jasa para pahlawan. Lagu ini dibuat untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang pada saat proses kemerdekaan.
Tentu lagu-lagu ini bisa diajarkan kepada anak-anak Anda. masih ada banyak lagu nasional lainnya yang bisa diajarkan kepada si kecil dan telah dirangkum di Orami.co.id. Orami juga memiliki banyak kumpulan artikel hiburan lainnya yang menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.