• Sel. Sep 27th, 2022

6 FAKTA Kuala Kencana, Kawasan Modern di Timika yang Sejuk Dihiasi Pepohonan

Berikut enam fakta Kuala Kencana yang merupakan kawasan modern di Timika, Papua, dan dihiasi pepohonan di sepanjang jalannya. Kuala Kencana merupakan sebuah distrik di Timika, Papua. Kuala Kencana diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995.

Distrik ini dikelola oleh PT Freeport Indonesia. Berikut 6 fakta Kuala Kencana yang dikutip dari berbagai sumber: Kuala Kencana dikelola oleh PTFI dan merupakan kawasan terbatas.

Sehingga, kawasan ini tidak dikhususkan untuk wisata. Adapun orang orang yang diperbolehkan untuk memasuki kawasan ini adalah yang memiliki kartu identitas ID PTFI atau yang telah memiliki izin tertentu, dikutip dari . Selain itu, kendaraan yang ingin melintasi kawasan ini harus melewati pemeriksaan yang ketat oleh petugas keamanan di checkpoint perbatasan Timika Kuala.

Kuala Kencana merupakan kawasan pertama di Indonesia yang menggunakan underground utilities. Hal tersebut digunakan untuk saluran kabel listrik, komunikasi, serta distribusi air bersih dan pengolahan limbah yang terpusat. Di Kuala Kencana, tidak terdapat tiang jalur kabel listrik atau kabel telepon di lingkungan.

Semuanya tertanam rapi di dalam tanah. Kuala Kencana memiliki gaya perumahan yang tidak seperti kawasanan perumahan Indonesia. Gaya perumahan di Kuala Kencana yang modern, dibuat tanpa pagar, memiliki halaman yang luas, serta bergaya modern Eropa.

Di kawasan Kuala Kencana memiliki beberapa komplek,s di antaranya, RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartement, kompleks Jl Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter. Kota Kuala Kencana memiliki fasilitas yang lengkap. Di antaranya, satu sekolah, satu klinik, satu masjid, satu gereja.

Selain itu, terdapat juga fasilitas untuk olahraga yaitu kolam renang, lapangan basket, lapangan golf. Tak hanya itu, hotel, pusat perbelanjaan, restoran dan kafe juga terdapat di kota ini. Kota Kuala Kencana memiliki keindahan yang membuat orang orang terpesona.

Kota ini juga terkenal dengan kesejukan, keasrian, dan kebersihannya. Apabila mengunjungi Kuala Kencana, Anda akan disambut oleh tugu yang merupakan hasil kerajian masyarakat Papua. Tugu tersebut didesain dengan ait mancur di sekelilingnya.

Di sepanjang jalan Kuala Kencana terdapat pepohonan yang rimbun. Sehingga hal tersebut menambah kesejukan bagi masyarakat yang melewatinya. Pepohonan tersebut membuat Kota Kuala Kencana menjadi indah dan sejuk.

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.