• Sel. Sep 27th, 2022

Ini Dia Sebab Turunnya Surat Yasin yang Perlu Diketahui

Byadmin

Sep 11, 2022
Ini Dia Sebab Turunnya Surat Yasin yang Perlu Diketahui

Surat Yasin merupakan salah satu surat makkiyah dalam Alquran. Seperti yang kita ketahui, surat makkiyah merupakan surat yang diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah.

Menurut kitab Tafsir Surah Yasin oleh Syekh Hamamy Zadah, dijelaskan mengenai sebab atau asbabun nuzul dari surat ke 36 dalam Alquran tersebut. Surat ini memiliki 5 ruku dengan total ayat 83 ayat.

Selain itu, surat ini merupakan salah satu surat yang sangat populer di Indonesia. Surat Yasin biasa digunakan untuk beberapa kegiatan keagamaan di Indonesia. Mulai dari dibacakan ketika seseorang menghadapi sakaratul maut, malam Jumat, malam nisfu sya’ban, tahlil dan lain sebagainya. Bahkan, kerap dibacakan ketika hendak berziarah kubur.

Surat ini terletak pada pertengahan juz 22 dan berakhir di juz 23. Tidak hanya itu, surat ini pun memiliki nama lain seperti Man’amah dan Rafi’ah Khafizah.

Sebab Turunnya Surat Yasin Dalam Alquran

Ini Dia Sebab Turunnya Surat Yasin yang Perlu Diketahui

Sebagai umat muslim, tentu alangkah lebih baiknya untuk bsia mengetahui asbabun nuzul atau penyebab turunnya surat ini. Dengan begitu, kita bisa lebih meresapi mengenai makna yang terkandung di dalam surat ini. Apalagi, pesan yang terkandung dalam surat ini bisa membuat ketakwaan kita sebagai umat Islam semakin tinggi dalam memuja Allah Swt.

Penyebab turunnya Surat Yasin dalam Alquran ini ialah ketika saat itu kaum kafir Quraisy tidak beriman kepada kenabian Nabi Muhammad SAW. Para kaum kafir tersebut menilai bahwa Nabi Muhammad hanya seorang anak yatim asuhan pamannya yang bernama Abu Thalib.

Tidak hanya itu, kaum kafir Quraisy pun berpendapat bahwa Nabi Muhammad tidak pernah pergi ke perguruan atau majelis untuk belajar kepada orang lain untuk bisa menuntut ilmu. Dengan begitu, mereka mempertanyakan, bagaimana bisa seorang Muhammad bisa disebut sebagai nabi.

Para kaum kafir itu pun masih saja terlena dengan kekafiran mereka dan euforia dengan sikap angkuh serta enggan meyakini kenabian Nabi Muhammad. Sampai akhirnya, Allah Swt menurunkan surat Yasin.

Surat ini diturunkan sebagai sanggahan atas segala perlakuan dan anggapan yang dilontarkan kaum kafir Quraisy kepada Nabi Muhammad. Tidak hanya itu, surat ini pun menjadi saksi terhadap kenabian serta risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad kepada umat Islam.

Menurut buku Ringkasan Asbaabun Nuzul Sebab-Sebab Turunya Al Quran oleh Asrifin An Nakhrawie dibeberkan, diceritakan dalam suatu riwayat, ketika Nabi Muhammad membaca surah As Sajdah dengan nyaring, para kaum Quraisy merasa terganggu dan hendak menyiksanya. Akan tetapi, tiba-tiba tangan mereka terbelenggu ke pundak mereka. Bahkan, mata mereka pun seketika menjadi buta.

Para kaum Quraisy itu pun meminta pertolongan Nabi Muhammad. Nabi Muhammad pun berdoa agar kaum kafir itu bisa sembuh, namun sayangnya tidak ada seorang pun dari mereka yang beriman. Atas peristiwa tersebut, Allah menurunkan ayat pertama sampai ke 10 dari Surat Yasin.

Itu dia penyebab turunnya Surat Yasin yang wajib kita ketahui untuk lebih bisa memahami Alquran. Tentunya, berbagai kisah di atas merupakan gambaran kepada kita untuk bisa terus beriman kepada Allah dan beribadah kepada-Nya.

Surat ini pun terkenal dengan berbagai keutamaannya. Tentu, hal itu yang membuat surat ini kerap dibaca oleh masyarakat Indonesia untuk beberapa tradisi keagamaan. Kisah nabi di atas bisa menjadi teladan untuk kita semua para umat muslim untuk bisa lebih taat dan membawa hikmah dari setiap pelajaran yang Nabi Muhammad beri kepada kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.