• Sel. Sep 27th, 2022

8 Kru Tewas setelah Pesawat Kargo Ukraina yang Bawa Amunisi Jatuh di Yunani

Delapan awak tewas setelah sebuah pesawat kargo Ukraina yang membawa amunisi jatuh di dekat kota Kavala, Yunani. Kedelapan awak tewas ketika pesawat yang dioperasikan Ukraina jatuh di Yunani dalam perjalanan dari Serbia ke Bangladesh yang membawa barang barang militer. Hal tersebut dikatakan oleh menteri pertahanan Serbia pada Minggu (17/7/2022).

Antonov An 12 yang dioperasikan Ukraina membawa sekitar 11 ton senjata, termasuk ranjau, ke Bangladesh ketika jatuh pada Sabtu (16/7/2022) malam, kata menteri Nebojsa Stefanovic. Video yang dibagikan oleh saksi mata di media sosial menunjukkan pesawat dilalap bola api besar saat menghantam tanah. "Sayangnya, menurut informasi yang kami terima, delapan anggota awak tewas dalam kecelakaan itu," kata Stefanovic dalam konferensi pers, sebagaimana dilansir .

Denys Bohdanovytch, direktur umum Meridian, maskapai kargo Ukraina yang mengoperasikan pesawat itu, mengatakan kepada penyiar Jerman Deutsche Welle bahwa semua kru adalah warga Ukraina. Pesawat itu lepas landas dari bandara Nis di Serbia sekitar pukul 20:40 waktu setempat pada hari Sabtu, membawa senjata milik perusahaan swasta Serbia Valir, kata Stefanovic. Media Yunani mengatakan telah meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat di bandara Kavala tetapi belum berhasil mencapainya.

Layanan penyelamatan Yunani menggunakan pesawat tak berawak pada hari Minggu untuk memantau puing puing pesawat karena kekhawatiran tentang toksisitas kargo memaksa mereka untuk menjaga jarak. Penduduk desa dilarang pergi ke ladang di dekat kecelakaan itu sampai pihak berwenang dapat memindahkan puing puing dan amunisi yang tidak meledak. Konsul Ukraina di Thessaloniki, Vadim Sabluk, mengunjungi daerah itu pada Minggu.

Kantor Berita Athena mengatakan dia telah memberi pihak berwenang identitas delapan awak dan memastikan pesawat itu terbang ke Bangladesh. Menteri pertahanan Serbia mengatakan pengiriman senjata telah disepakati dengan kementerian pertahanan Bangladesh "sesuai dengan aturan internasional". "Sayangnya beberapa media berspekulasi bahwa pesawat itu membawa senjata yang ditujukan ke Ukraina tetapi itu sama sekali tidak benar," katanya.

Sebuah pesawat kargo Antonov yang dioperasikan oleh maskapai Ukraina jatuh di dekat kota Kavala di Yunani utara pada Sabtu (16/7/2022). Penduduk setempat melaporkan bahwa mereka melihat bola api dan mendengar ledakan selama dua jam setelah kecelakaan itu. An 12, pesawat turboprop buatan Soviet, dioperasikan oleh operator kargo Meridian.

Media Yunani melaporkan ada delapan orang di pesawat itu dan membawa 12 ton "bahan berbahaya", sebagian besar bahan peledak. Sebagai tindakan pencegahan karena bau yang kuat yang berasal dari lokasi kecelakaan, komite koordinasi yang terdiri dari pejabat kota, polisi, dan dinas pemadam kebakaran, mengatakan kepada penduduk dua wilayah terdekat dengan lokasi kecelakaan untuk menutup jendela mereka sepanjang malam. Warga juga diminta untuk tidak meninggalkan rumah mereka dan memakai masker.

Pihak berwenang mengatakan mereka tidak tahu apakah ada bahan kimia berbahaya di pesawat, termasuk yang terkandung dalam baterai. Otoritas Penerbangan Sipil Yunani mengatakan pilot berhasil memperingatkan pihak berwenang tentang masalah di salah satu mesin pesawat dan dia diberi pilihan mendarat di bandara Thessaloniki atau Kavala, dan dia memilih Kavala, yang lebih dekat. Otoritas itu mengatakan bahwa pesawat telah untuk melakukan pendaratan darurat.

Komunikasi dengan pesawat berhenti segera setelah ledakan itu. Pesawat itu jatuh sekitar 40 kilometer barat bandara. "Kami mendengar ledakan sampai beberapa menit yang lalu," Filippos Anastassiadis, walikota Paggaio, mengatakan kepada lebih dari satu jam setelah kecelakaan itu.

"Saya (berada) sekitar 300 meter dari lokasi kecelakaan." Salah satu wakil Anastassiadis mengatakan kepada penyiar negara ERT bahwa ledakan terdengar selama dua jam setelah kecelakaan itu. ERT melaporkan bahwa tentara dan ahli bahan peledak sedang dalam perjalanan ke lokasi, yang terletak di lahan pertanian dekat dengan dua desa yang merupakan bagian dari kotamadya Paggaio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.